4 Khasiat Ubi Jalar Untuk Wanita Hamil

ubi-jalar

ubi-jalar

Ubi jalar adalah sumber makanan yang tidak asing bagi sebahagian besar masyarakat Malaysia suatu ketika dahulu. Kemudahan untuk memperolehnya di kampung-kampung dan mudah di tanam membuatkan masyarakat kita suka makan makanan berasaskan ubi ini. Rasanya juga sungguh enak dan sedap.

Dikatakan ubi jalar berkhasiat untuk wanita hamil. Banyak khasiat yang terkandung dalam ibu jalar diperlukan oleh wanita hamil antaranya ;

Vitamin A

Menurut ‘American Pregnancy Association’, wanita hamil perlu mendapatkan khasiat daripada vitamin sekurang-kurangnya 700 mikrogram vitamin A dalam sehari. Sebiji ubi jalar yang dimasuk bersama-sama kulitnya hampir mempunyai 1.922 mikrogram vitamin A. Ini mencukupi keperluan ibu hamil mendapatkan sumber vitamin A

Vitamin C dan Zat Besi

Vitamin C sangat penting bagi kesihatan tubuh dan salah satunya adalah membantu menyerap zat besi. Zat besi adalah mineral yang sangat penting bagi kesihatan ibu dan bayi dalam kandungan. The National Institutes of Health menyarankan agar wanita hamil mendapatkan 80 hingga 85 miligram vitamin C dan 27 miligram zat besi setiap hari. Ini boleh diperoleh dalam ubi jalar yang dipanggang bersama kulit mengandungi 39.2 miligram vitamin C yang hampir memenuhi setengah daripada yang disarankan.

Mengandungi Serat

Serat sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengelakan berlakunya sembelit. Ini kerana serat sangat baik untuk sistem pencernaan. Salah satu masalah wanita hamil adalah sembeli. Dengan mendapatkan 22 hingga 28 gram serat setiap hari, akan mengurangi terjadinya masalah pencernaan. Wanita hamil harus mengambil 28-34 gram serat setiap hari dan sebiji ubi jalar memberikan 6.6 gram serat.

Mengandung Kalium/ Potassium

Orang dewasa berusia 19 tahun ke atas termasuk wanita hamil, harus mendapatkan 4 hingga 7 gram kalium dalam sehari. Sementara itu, wanita yang sedang menyusui harus meningkatkanpengambilan potassium dalam sehari. Ubi jalar mengandung 950 miligram kalium sehingga makanan ini sangat bermanfaat bagi kehamilan hingga menyusukan bayi.

Selain berkhasiat untuk wanita hamil, ubi jalar juga bagus untuk kesihatan manusia, antaranya seperti yang dinyatakan dibawah ini :

Membantu kekebalan tubuh

Selain kaya akan betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, B kompleks, besi, dan juga fosfor. “Ini membuat ubi jalar menjadi penguat imun tubuh badan yang hebat,” Menurut pakar pemakanan iaitu Doktor Emilia Achmadi, MSc.

Mengatasi peradangan

Walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, ubi jalar memiliki efek antiperadangan. Ditambah dengan betakaroten, vitamin C, dan magnesium, ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan dalaman atau pun luaran.

Ubi jalar juga boleh mengatasi bronkitis dan asma

Menurut Emilia, yang juga ahli nutrisi, kandungan vitamin C, besi, serta nutrisi lainnya dalam ubi jalar efektis membantu mengatasi bronkitis. Tidak hanya itu saja, ubi jalar yang dipercaya dapat membantu menghangatkan tubuh juga memiliki kemampuan dalam membantu mengatasi bronkitis.  Aroma khas yang terdapat pada ubi jalar efektif dalam mengatasi hidung mampet serta membantu meredakan asma.

Meredakan sakit artritis

Komposisi betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks membuat ubi jalar dapat dijadikan pilihan dalam mengatasi artritis. Caranya, kompres bagian yang mengalami sakit akibat artritis dengan air rebusan ubi jalar.

Baik bagi pencernaan

Kandungan serat pada ubi jalar juga terbilang tinggi. Lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kentang. Meski kandungan seratnya cukup tinggi, ubi jalar tergolong sumber makanan yang mudah dicerna. “Sehingga baik bagi lambung dan usus halus,” ujar Emilia. Selain itu, vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium, dan kalsium pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. “Serat yang dikandung ubi jalar juga mampu mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam,” tambah Emilia. Dengan begitu akan membantu menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Antiperadangan dan kandungan yang menenangkan dari ubi jalar juga boleh mengurangkan rasa sakit dan peradangan lambung.

Membantu mengatasi penyakit kanser

Adanya betakaroten, yang merupakan antioksidan dan membuat warna pada ubi jalar, serta vitamin C, menjadi komponen penting dalam membantu mengatasi kanser. Terutama untuk kanser kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan sejumlah kanser lainnya.

Menjaga keseimbangan air

Serat yang terdapat dalam ubi jalar akan membantu menahan air. Hal ini akan mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh.

Sumber karbohidrat diabetes

Diabetes biasanya memiliki aturan yang ketat dalam mengelola makannya. Memilih makan yang baik dan sedapat mungkin mengurangi makanan yang manis. Sejumlah sumber karbohidrat juga harus dicermati. Ubi jalar, sejauh ini masih dapat dikonsumsi oleh diabetes kerana efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Ubi jalar bisa dijadikan pilihan pengganti nasi atau sumber karbohidrat lain. Hanya saja, tidak berarti diabetesi bisa menyantap ubi jalar sesuka hati tanpa aturan. Asupannya tetap harus seimbang.

Menambah berat badan

Hal ini sangat mudah difahami dengan melihat kandungan zat gizi di dalamnya. Karbohidrat yang terkandung pada ubi jalar dapat dijadikan sebagai sumber tenaga. Keuntungan lainnya ubi jalar juga efektif dalam membantu menghentikan ketagihan kepada perokok tegar, minuman, serta jenis narkotik tertentu. Selain itu, ia juga sangat baik bagi kesihatan pembuluh darah vena dan arteri. Konsentrasi betakaroten yang tinggi serta fosfor sangat baik bagi kesehatan mata dan kardiovaskular.

Semoga bermanfaat.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

https://www.facebook.com/johorsoutherntigers.com.my/videos/612746285555341/